Yuk Cermati Cara Agar Bisa Membuat Konveksi Jahitan Rapih Dan Elegan Saat Digunakan

Cara Agar Bisa Membuat Konveksi Jahitan Rapih Dan Elegan Saat Digunakan – Bagi sebagian orang menjahit adalah perkara yang tidak gampang. Pasalnya belajar menjahit membutuhkan kesabaran dan ketelatenan. Untuk menghasilkan jahitan yang bagus kamu harus menjahit dengan pola yang lurus. Pola lurus ini akan memberikan kesan rapih pada bajumu. Tak bisa dibayangkan jika baju yang kamu pakai tidak simetris dan tidak memiliki jahitan yang lurus. Nah untuk itu yuk simak cara membuat konveksi jahitan rapih yang harus kamu tahu!

Bagaimana Konveksi Jahitan Rapih dan Simetris

1 Perhatkan Garis Lipatan

Setiap mesin jahit pasti memiliki pelat yang berfungsi untuk memudahkan penjahit. Pelat ini akan membantumu agar pakaian terjahit rapih dan simteris. Caranya cukup lipat kain yang akan kamu jahit, lalu letakkan kain di bawah pelat. Jahit pelan pelan pakaian, dan pastikan jika jahitan yang kamu buat sudah lurus sesaui dengan lipatan lain.

2. Duduk dengan Posisi yang Benar

Untuk menjahit pakaian menggunakan mesin jahit, kamu harus memposisikan tubuhmu dengan duduk yang tegak. Duduk yang tidak tegak atau membungkuk akan menyebakan pakaian yang kamu jahit menjadi miring. Tentu tidak menginginkan hal itu terjadi bukan ? Pastikan kamu duduk dengan tegak dan selalu awasi konveksi jahitan rapih yang kamu lakukan.

3. Menandai dengan Kapur

Bagi penjahit, kapur jahit tentu adalah hal yang cukup membantu dalam membuat pola dan menjahit dengan lurus. Dengan menggunakan penanda berupa kapur atau pensil, maka kamu akan bisa memastikan apakah pola yang sudah kamu buat lurus sesuai dengan keinginanmu. Selain itu, menggunakan kapur sebagai penanda juga bisa mengetahui batasan saat kamu menjahit bajumu.

Baca Juga: Inilah Peluang usaha Konveksi Fashion Wanita yang Wajib Dicoba

4. Menggunakan Solasi atau Lakban

Pelat adalah hal utama dan penting dalam menjahit namun tak jarang pula beberapa penjahit justru tidak memiliki pelat. Tidak usah khawatir, karena pelat pada jahitan ini bisa diganti dengan solasi atau lakban. Caranya cukup dengan menempelkan solasi atau lakban pada jahitan yang digunakan seagai pembatas. Hal ini dilakukan bertujuan agar jarum pada mesin jahit tidak bengkok dan hasil jahitan tetap lurus.

5. Magnet Seam Guide

Jika kamu masih saja menghasilkan jahitan yang miring padahal kamu sudah pakai pelat, kamu harus mencoba mengunakan magnet seam guide. Magnet ini sangat membantumu untuk menjadikan konveksi jahitan rapih dan lurus. Dengan menggunakan magnet ini jahitan lurus ataupun jahitan berbentuk lengkung jika bisa rapi. Sayangnya pengunaan magnet seam guide ini hanya bisa untuk mesin jahit bobbin atas. Jika digunakan pada mesin lain maka pelat akan kotor dan jahitan akan jelek.

6. Menjahit dengan Tenang

Penjahit yang sudah merasa bisa akan tergesa gesa saat menyelesaikan jahitanya. Padahal ini merupakan salah satu faktor yang menyebabkan pakaian menjadi tidak simetris dan lurus. Yang paling parah dengan menjahit terburu buru akan menjadikan pakaian tidak sesuai dengan permintaan konsumen. Akan banyak problem yang dihadapi jika menjahit tergesa gesa menyelesaikan jahtanya seperti kanving belum terpasang, atau kualitas jahitan yang buruk.

Tak hanya itu, kamu juga harus memperhatikan dan mengecek satu persatu hasil konveksi jahitan rapih agar terlihat bagus saat digunakan. Inilah alasan kamu harus menjahit dengan keadaan santai dan rilek. Dengan keadaan yang santai dan rilek, kamu akan bisa lebih fokus dan hasil jahitan pun juga bagus dan memuaskan pengguna.

Tips dan trik diatas sering digunakan oleh beberapa penjahit professional dan konveksi di perusahaan besar. Cara ini bisa kamu coba agar pakaian yang kamu kenakan terlihat rapih dan lurus. Dengan baju yang memiliki gaya yang stylish dan jahitan yang rapih, maka akan meningkatkan rasa percaya diri seseorang.